Prinsip kerja motor servo standard dan motor servo continous

Tadi pagi ada teman saya mampir ke kostan. dia nanya-nanya tentang prinsip kerja servo dan programnya. katanya sih untuk persiapan test kerja, coz beberapa syaratnya mengetahui kerja servo dan PLC. untuk itulah saya ingin share sedikit pengetahuan yang saya punya tentang servo, yang saya dapatkan sewaktu kuliah.



Apa itu motor servo???

Motor servo adalah sebuah motor dengan sistem closed feedback di mana posisi dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam motor servo. Motor ini terdiri dari motor dc, rangkaian gear , potensio meter dan rangkaian kontrol.


Untuk mengoperasikannya yaitu dengan memberikan Pulsa digital tertentu pada motor ini. secara teori, gambar lebar pulsa di bawah ini merupakan pulsa pengatur sudut servo standard.


Pada dasarnya penggunaan servo itu menggunakan cara yang sama (yaitu dengan memberikan lebar pulsa tertentu). hanya salah satu perbedaannya yaitu pada sudut putarnya. untuk servo standard, sudut putarnya adalah 180 derajat yang dapat dioperasikan dalam dua arah (clock wise / counter clock wise). Gambar diatas adalah lebar pulsa yang dibutuhkan untuk mengoperasikan motor servo standard. pulsa diatas harus diberikan secara terus menerus, agar motor servo mempertahankan posisinya sesuai dengan pulsa yang diberikan

'##################

Sedangkan untuk jenis servo continous putaran yang dapat dilakukan adalah 360 derajat. untuk mengatur arah putarannya yaitu dengan membedakan lebar pulsa saat kondisi ON (logic "1") sepeti gambar di bawah ini.


'Contoh Program:
$regfile = "m8535.dat"
$crystal=12000000

config porta= output

do
porta.1=1 <---- mengeluarkan logic "1"
waitms 1 <---- waktu dapat diubah sesuai dengan timing diagram yang di butuhkan
porta.1=0 <---- Mengeluarkan logic "0"
waitms 19
loop
end

Comments

  1. trimakasih... cukup membantu untuk pemula,,,

    ReplyDelete
  2. Vip Safe Fixed Deposit Bonus 2021 : 100% up to €150 바카라사이트 바카라사이트 betway login betway login gioco digitale gioco digitale 920Oddsshark Baseball Picks & Predictions - Thunder Bay Bet

    ReplyDelete

Post a Comment